Mengapa Anak Farmasi Harus Faham Farmakologi ?

Jurusan Farmasi adalah jurusan yang mempelajari segala hal tentang obat. Mulai dari bahan kimia yang ada di dalamnya, proses pembuatan obat, proses pengemasan obat, fungsi dan kegunaan obat, sampai cara distribusi dan pengelolaan stok obat. Singkatnya, segala hal tentang obat akan dipelajari di sini. Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari obat-obatan dan pengaruhnya pada makhluk hidup. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, Farmakos yang berarti obat, dan Logos yang berarti ilmu.

Seorang ahli farmasi bertanggung jawab untuk memberikan obat yang tepat untuk berbagai penyakit yang sudah diagnosis Dokter. Bahkan tidak jarang apoteker menyarankan obat yang berbeda atau dosis yang berbeda dari yang diberikan dokter (tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter tersebut), karena ahli farmasi seharusnya paham obat lebih banyak daripada Dokter.

Untuk bisa mempelajari ilmu ini secara rinci, seseorang dapat mengambil kuliah di jurusan farmasi. Selain itu, tak sedikit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki peminatan khusus dalam keilmuan farmasi.Selama ini, farmakologi mungkin identik dengan profesi apoteker. Padahal, cakupan keilmuan farmasi ini lebih luas dari profesi tersebut. Berikut ini penjelasannya.

Seseorang yang ahli dalam bidang farmasi akan bertanggung jawab untuk memberikan obat dengan takaran yang tepat sesuai dengan resep dokter. Ahli farmasi seharusnya lebih banyak paham tentang obat daripada dokter. Sehingga, tidak jarang ketika dokter memberi obat, sang ahli farmasi akan memberikan saran obat yang berbeda dengan takaran yang berbeda pula. Namun, tentunya dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Di SMK Farmasi Nasional Surakarta, bidang ilmi farmakologi juga diajarkan kepada siswa sebagai salah satu bidang ilmu keahlian dalam bidang farmasi.

  • Share :

Kerjasama